Wiwin Sulandari

Karena hidup adalah pilihan....

Selengkapnya
Botol Peredaran Darah

Botol Peredaran Darah

1 Mengajarkan Peredaran Darah mungkin sangat membingungkan guru karena sebagian besar siswa akan lupa dengan materi yang sudah disajikan. Dan lebih parahnya KD tersebut selalu muncul dalam UJIAN NASIONAL. Maka dari itu penulis menggunakan strategi pemilihan alat peraga yang cocok untuk anak didik kita. Alat peraga sistem peredaran darah ini, sesuai dengan Kompetensi Dasar IPA yang terdapat pada tema 4, yakni 3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia, dan 4.4. Menyajikan karya tentang konsep organ organ peredaran darah pada manusia Di dalam Kurikulum 2013 siswa tidak hanya mengetahui apa itu sistem peredaran darah (KI3), namun siswa juga diharapkan dapat membuat hasil yang berupa produk/proyek tentang sisntem peredaran darah (KI4). Sistem peredaran darah adalah sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stsbilisasi suhu dan pH tubuh.Ada dua jenis sistem peredaran darah, yakni sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup. PROSEDUR PEMBUATAN “MODIFIKASI ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH”

Karya Inovatif yang dibuat penulis dirancang dari awal sebagai berikut:

1) Modifikasi Alat Peraga Sistem peredaran darah

a. Alat: Gunting, pensil, penggaris, cutter, lem tembak, solder

b. Bahan : papan triplek ukuran 40 x 60, 4 botol cuka, 2 botol bekas minuman, 2 gotri, 2 per, selang dan isolatif, tinta printer (pewarna), busa karet.

c. Cara membuat alat peraga :

a) Botol dilubangi bagian atas dan bawah menggunakan solder sesuai diameter selang.

b) Siapkan triplek, lalu atur posisi 6 buah botol tersebut sesuai gambar di bawah.

c) Potong busa karet sebanyak 6 bagian sesuai ukuran. Rekatkan semua busa karet pada triplek menggunakan lem tembak, lalu rekatkan semua botol pada busa karet (sebagai tumpuan).

d) Untuk membuat katub, potong ballpoint dan ambil isinya, sisakan pegas dan dudukannya. Masukan gotri hingga gotri terkunci oleh per dan ujung ulir ballpoint sehingga gotri dan per akan selalu bergerak untuk membuka dan menutup ketika mendapat tekanan.

e) Sambungkan botol satu dengan botol yang lain dengan selang. Atur penyambungan selang. Tambahkan lem tembak/isolasi di penyambungan selang jika terasa longgar.

f) Pasang katub dari ballpoint di antara bilik dan serambi seperti gambar di bawah.

g) Pastikan setiap sambungan benar-benar kedap udara dengan menambahkan lem silicon rubber di sekitar sambungan selang.

h) Rekatkan selang (pembuluh darah) pada triplek.

i) Campurkan air dengan pewarna merah, lalu masukan air (darah) tersebut ke alat melalui bagian “paru-paru” atau “tubuh.

NPENGGUNAAN “MODIFIKASI ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH”

a. Guru memperkenalkan alat peraga kepada siswa

b. Guru mempraktekkan cara kerja alat peraga sistem peredaran darah

c. Dalam alat ini, ketika salah satu bilik ditekan akan terjadi simulasi proses peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan seluruh tubuh.

d. Seluruh botol terhubung dengan selang (sebagai pembuluh darah) dan katup bekerja dalam waktu bersamaan meskipun hanya satu bilik yang ditekan sehingga air (darah) bersirkulasi layaknya sistem peredaran darah manusia.

e. Sebagai contoh, pada saat bilik kiri ditekan, air akan mengalir dari bilik kiri ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi, kemudian menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik.

f. Pada saat ditekan, air dari bilik kiri tidak bisa kembali/bercampur ke serambi kiri, pada saat ditekan katub akan menutup dan pada saat dilepas air akan turun dari serambi ke bilik kiri.

g. Guru membagi siswa dalam 5 kelompok.

h. Setelah siswa memahami penjelasan dari guru, kemudian siswa menggunakan alat peraga sistem peredaran darah di luar kelas. Dengan alasan alat peraga ini menggunakan air, jadi jika air tumpah tidak di dalam kelas.

i. Guru memberikan penilaian apakah penggunaan alat peraga sistem peredaran darah sudah tepat atau belum, jika belum tepat guru beserta siswa bersama-sama mempraktekkan cara kerja alat peraga sistem peredaran darah.(konfirmasi)

j. Alat peraga ini digunakan secara kelompok

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Waahh..keren . Sungguh inovatif. Bolehkah minta LK nya..

11 Mar
Balas

Salam kenal

11 Mar

Salam kenal kakak..... iya..

11 Mar
Balas

Sip lah..

11 Mar
Balas

Siiip...kreatip Bunda....Salam literasi

13 Mar
Balas

Salam bunda

21 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali